Connect with us

MOTIVASI

Usaha Rumah Makan yang Dirintis Dokter Kulit Asal Jogja

Published

on

Usaha Rumah Makan yang dirintis Dokter Kulit Asal Jogja

Dengan memanfaatkan halaman rumah sebagai kedai rumah makan pasti sangat menarik. Hal ini bisa menjadi ciri khas bagi seseorang yang sedang membangun usaha kuliner berupa rumah makan. Suasana yang dihasilkan juga pasti lebih unik dan nyaman.

Apalagi jika memiliki halaman rumah yang luas dan rindang pasti akan lebih leluasa dalam mengatur segala konsep yang diinginkan. Belum lagi jika memiliki rumah yang berada di wilayah yang strategis sangat berpotensi untuk membangun usaha kuliner berupa rumah makan.

Memulai sebuah bisnis tentunya tidak langsung instan menjadi sebuah bisnis yang besar. Tentu melalui berbagai proses dan suka duka dalam merintisnya. Salah satunya adalah usaha yang dirintis oleh seorang Dokter kulit freelance.

Seperti pengalaman yang dialami oleh dokter kulit asal Jogja. Dia merupakan salah satu dokter kulit yang bekerja secara freelance di sebuah rumah sakit dan beberapa instansi. Cara membangun usahanya dengan memanfaatkan halaman rumah ini sangat memotivasi.

Usaha Rumah Makan yang dirintis Dokter Kulit Asal Jogja

franchiseindia.com

Usaha Rumah Makan Halaman Rumah Sendiri

Diani Diyah Pitaloka adalah nama pemilik rumah makan yang kini sudah menjadi usaha yang sangat besar di wilayah Jogja. Usaha ini berawal dari gerobak juice saja. Seiring dengan berjalannya waktu akhirnya Diyah berusaha memanfaatkan halaman rumahnya untuk berjualan. Halaman rumah didesain sedemikian rupa dengan konsep yang sejuk dan nyaman.

Pada akhirnya banyak pelanggan yang tertarik dengan konsep yang dibuatnya. Entah para pelanggan hanya berduduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan yang ada. Biasanya para pelanggan menikmati juice atau sekedar membeli minuman lainnya.

Usahanya ini sudah dijalankan tiga tahun yang lalu. Awalnya Diyah hanya mencoba untuk berjualan juice buah-buahan di jalanan depan rumah. Diyah menjelaskan bahwa usahanya diawali dengan gerobak. Investasi yang ia miliki dulu hanya sebuah gerobak, blender , dan bahan baku. Modal awalnya hanya sekitar 2,5 jutaan.

Keunggulan

Usaha rumah makan milik Diyah ini cukup menarik karena menyuguhkan suasana yang berbeda dari rumah makan lainnya. Suasana yang ada sangat nyaman dan sejuk karena banyak terdapat tanaman-tanaman rindang di sekelilingnya. Rasanya yang tak kalah sedap juga menjadi faktor utama mengapa banyak pengunjung yang datang. Belum lagi banyaknya pelanggan yang suka terhadap konsep yang ada.

Ide usaha ini berawal dari pemilik yang suka sekali mengonsumsi juice. Sebab juice sangat baik bagi kesehatan dan perawatan kulit. Sehingga Diyah berpikir bahwa membuka usaha kecil-kecilan bisa menambah penghasilannya. Baginya membuka usaha usaha sesuai dengan kesukaannya akan lebih mudah untuk dikelola.

Pengembangan Usaha

Setelah usahanya menggunakan gerobak mulai lancar akhirnya Diyah berusaha untuk mengembangkan usahanya. Akhirnya muncul inisiatif untuk memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat membuka usaha. Baginya tidak mudah membangun usaha hingga menjadi besar seperti sekarang. Daerah tempat tinggal Diyah ini banyak terdapat pertokoan dan kampus UGM serta kampus UNY. Sehingga banyak orang yang akan melirik usaha rumah makan miliknya.

Usahanya ini sebenarnya adalah akibat dari banyaknya masukan dari para pelanggan. Jadi, tidak sia-sia baginya karena bisa berkembang hingga saat ini. Pelanggan juga semakin senang dengan sikapnya yang mau menampung segala aspirasi pelanggaran.

Karyawan

Kini Diyah sudah memiliki 5 karyawan dengan tugasnya masing-masing. Diantaranya 2 orang sebagai pembuat juice, 1 orang tukang masak, 1 orang pelayan, dan 1 orang bagian kasir. Bu Diyah menarik karyawan yang terpercaya. Hal ini berguna untuk meningkatkan kredibilitasnya agar tetap bisa dipegang.

Setiap karyawan memiliki tugas masing-masing setiap harinya. Ada yang jatah membeli buah-buahan, menyiapkan segala persiapan, menyiapkan dapur, dan lain sebagainya. Sesuai porsi masing-masing.

Pangsa Pasar

Usaha ini memiliki pangsa pasar yang tidak bisa dianggap remeh. Bahkan mampu menembus kalangan mahasiswa dan orang kantoran. Terutama usaha ini dekat dengan wilayah kampus dan daerah kos-kosan.

Tempatnya yang strategis juga memungkinkan banyaknya pengunjung yang merupakan pekerja kantoran, pertokoan, dan lain sebagainya. Diyah tidak melakukan promosi dan publikasi dalam bentuk apapun. Pasalnya sejak awal berkembangnya usaha ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat banyak.

Tips Agar Bisnis Rumah Makan Jadi Sukses

Agar usaha rumah makan bisa tentu ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan peluang bisnis kedepannya. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan:

Menentukan Konsep Bisnis Rumah Makan

Langkah awal dalam membangun sebuah bisnis harus menentukan konsep seperti apa yang anda inginkan. Semakin unik dan menarik konsep yang disajikan maka peluang untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Misalnya menggunakan konsep tradisional, internasional dengan berbagai nuansa yang berbeda. Bisa menggunakan nuansa Bali, Jepang, Korea, Arab, dan lain sebagainya.

Menguasai Resep Makanan dengan Menyeluruh

Tips sukses dalam membangun usaha rumah makan adalah harus bisa menguasai resep masakan. Mulai dari bumbu hingga porsi sajian harus pas. Hal ini perlu adanya pembelajaran khusus sebelum terjun ke lapangan. Anda harus mempelajari hal tersebut dengan lebih mendalam agar bisa memberikan cita rasa yang maksimal.

Menggunakan Media Promosi yang Tepat

Melakukan promosi dalam membangun sebuah bisnis merupakan hal utama yang harus dilakukan seseorang. Sebab promosi bisa membantu mendatangkan banyak pelanggan dari berbagai wilayah. Bahkan jika bisa menggunakan media promosi yang tepat membuat promosi lebih efektif. Misalnya dengan mengunggah postingan melalui Instagram dan Facebook.

Menjaga Kualitas Makanan

Kualitas sebuah makanan sangat menjadi perhatian khusus bagi pelanggan. Pasalnya hal ini akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan untuk mendatangi usaha yang dimiliki. Kualitas dalam hal ini mencakup kebersihan, kenyamanan tempat, dan lain sebagainya.

Agar usaha rumah makan bisa berkembang, maka perlu adanya ketekunan dalam membangunnya. Dalam hal ini, mengembangkan inovasi juga sangat berpengaruh untuk kemajuan sebuah usaha.

Komentar Kamu
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *