Connect with us

TIPS

Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat Hingga Tua

Published

on

Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat Hingga Tua

Tips menjaga kesehatan tulang merupakan hal yang sangat penting agar tetap kuat hingga tua. Mineral akan masuk ke dalam tulang selama masa kanak-kanak, remaja, dan masa dewasa awal.

Setelah anda mencapai usia sekitar 30 tahun, berarti anda telah mencapai massa tulang pada puncaknya. Jika massa tulang yang tercipta selama waktu itu tidak cukup, kemungkinan akan terjadi kerapuhan tulang.

Jika itu terjadi, risiko memiliki tulang rapuh yang mudah patah akan lebih tinggi. Untuk itulah, jangan pernah biarkan tulang anda dalam keadaan yang tidak sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat Hingga Tua

silversurfers.com

Tips Menjaga Kesehatan Tulang dengan Lebih Alami

Sebenarnya untuk mengantisipasi masalah tulang di usia lanjut nanti terdapat beberapa cara. Ada banyak nutrisi dan kebiasaan gaya hidup yang dapat membantu anda dalam membangun tulang kuat dan mempertahankannya seiring bertambahnya usia.

Namun diperlukan kekonsistenan dan usaha yang benar-benar baik. Anda bisa mengikuti cara alami di bawah ini untuk menghindari risiko jika menggunakan cara yang tidak alami.

Makan Banyak Sayuran

Sayur sangat baik untuk tulang anda. Pasalnya, merupakan sumber vitamin C yang merangsang produksi sel pembentuk tulang. Selain itu, efek antioksidan vitamin C dapat melindungi sel tulang dari kerusakan.

Tips menjaga kesehatan tulang ini dapat meningkatkan kepadatan mineral. Kepadatan tulang ialah ukuran jumlah kalsium serta mineral lain yang ditemukan pada tulang.

Asupan tinggi sayuran hijau serta kuning sudah dikaitkan dengan peningkatan mineralisasi tulang selama masa kanak-kanak. Selain itu, juga memelihara masa tulang pada orang dewasa.

Salah satu faktornya risiko utama osteoporosis pada orang dewasa yang lebih tua ialah peningkatan perombakan tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi brokoli dan tanaman yang mengandung antioksidan dapat menurunkan perombakan tulang.

Lakukan Latihan Kekuatan

Lakukan jenis olahraga tertentu. Dimana membantu anda dalam membangun dan mempertahankan tulang yang kuat. Salah satu olahraga yang terbaik untuk kesehatan tulang adalah olahraga angkat beban.

Selain itu tips menjaga kesehatan tulang ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah kekeroposan pada orang yang lebih tua. Lakukan latihan menahan beban. Ini menunjukkan peningkatan kepadatan mineral, kekuatan tulang, serta ukuran tulang.

Latihan kekuatan tak hanya bermanfaat dalam meningkatkan massa otot. Melainkan juga dapat membantu melindungi dari tulang keropos pada wanita muda ataupun tua, termasuk mereka yang menderita osteoporosis, osteopenia, atau kanker payudara.

Konsumsi Protein yang Cukup

Mendapatkan cukup protein penting untuk kesehatan tulang karena faktanya, sekitar 50% tulang terbuat dari protein. Asupan protein yang rendah akan menurunkan penyerapan kalsium dan juga dapat mempengaruhi tingkat pembentukan serta kerusakan tulang.

Wanita yang lebih tua akan memiliki kepadatan tulang lebih baik ketika mereka mengonsumsi protein dalam jumlah lebih tinggi. Sebaiknya konsumsi hingga 100 gram protein setiap harinya dan diimbangi dengan konsumsi banyak makanan nabati dan asupan kalsium yang cukup.

Selain itu, diet yang mengandung lebih banyak kalori dari protein dapat membantu menjaga massa tulang selama proses penurunan berat badan. Sehingga sangatlah penting untuk menerapkan tips menjaga kesehatan tulang ini.

Makan Makanan Tinggi Kalsium

Kalsium ialah mineral terpenting dalam kesehatan tulang dan mineral utama yang ditemukan di tulang. Karena sel-sel tulang tua terus-menerus rusak dan diganti dengan yang baru, penting untuk mengonsumsi kalsium setiap hari demi melindungi struktur serta kekuatan tulang.

RDI pada kalsium ialah 1.000 mg per hari bagi kebanyakan orang. Walaupun remaja membutuhkan 1.300mg dan wanita tua membutuhkan 1.200mg. Namun sebenarnya, jumlah kalsium yang diserap tubuh masing-masing orang bisa sangat bervariasi.

Menariknya, jika anda makan makanan yang mengandung lebih dari 500 mg kalsium, maka tubuh akan menyerap lebih sedikit kalsium daripada jika mengonsumsi dalam jumlah lebih rendah. Untuk itulah, yang terbaik adalah menyebarkan asupan kalsium sepanjang hari dan lebih baik mendapatkan kalsium dari makanan daripada suplemen.

Sertakan Makanan Tinggi Magnesium dan Seng

Mengonsumsi kalsium bukanlah satu-satunya tips menjaga kesehatan tulang yang penting. Beberapa mineral lain yang juga berperan, seperti magnesium dan seng.

Magnesium mainkan peran kunci untuk mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif. Dimana mendorong penyerapan kalsium. Karena magnesium ditemukan dalam jumlah kecil di sebagian besar makanan, melengkapi dengan magnesium glisinat, sitrat, atau karbonat bisa juga bermanfaat.

Sementara seng adalah mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil. Namun ini akan membantu menyusun porsi mineral tulang anda.

Disamping itu, seng juga tingkatkan pembentukan sel-sel pembangun tulang. Lalu mencegah kerusakan tulang yang berlebihan. Sumber seng yang baik terdapat pada daging sapi, udang, bayam, biji rami, tiram dan biji labu.

Pertahankan Berat Badan yang Stabil dan Sehat

Tips menjaga kesehatan tulang selanjutnya adalah mempertahankan berat badan yang stabil dan sehat. Karena kekurangan berat badan dapat meningkatkan risiko osteopenia dan osteoporosis.

Hali ini akan terjadi terutama pada wanita pascamenopause yang telah kehilangan efek perlindungan tulang dari estrogen. Faktanya, berat badan rendah merupakan faktor utama yang menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan pengeroposan tulang.

Di sisi lain, obesitas dapat merusak kualitas tulang dan meningkatkan risiko patah tulang akibat stres karena kelebihan berat badan. Meskipun penurunan berat badan biasanya akan menyebabkan beberapa pengeroposan tulang, hal ini akan kurang terlihat pada individu yang mengalami obesitas.

Intinya, kehilangan dan menambah berat badan tampaknya akan sangat merugikan kesehatan tulang. Pertahankan berat normal yang stabil ialah cara terbaik untuk melindungi kesehatan tulang anda.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat hingga tua nanti. Jangan menunggu sampai masalah tulang menyerang anda, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Komentar Kamu
Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Belajar Daring di Masa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *