Connect with us

TIPS

Tips Kesehatan Menjelang Pernikahan Siap Wujudkan Keluarga Sejahtera

Published

on

Tips Kesehatan Menjelang Pernikahan Siap Wujudkan Keluarga Sejahtera

Pernikahan adalah sebuah momen penting dalam hidup. Wajar saja dalam mempersiapkan sebuah pernikahan akan menyebabkan banyak waktu yang tersita. Energi juga akan terkuras pada saat mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Dengan begitu, perlu mengetahui tips kesehatan menjelang pernikahan.

Pasangan pengantin akan dipajang dalam waktu yang cukup lama. Istilah mengatakan bahwa kedua mempelai menjadi raja dan ratu sehari penuh. Dalam hal ini, kedua pasangan perlu menggiatkan diri dalam mempersiapkan fisiknya agar mampu bertahan dalam situasi yang akan mereka hadapi.

Jangan sampai saat hari H justru tenaga telah terforsir saat mempersiapkan kebutuhan pernikahan. Karena persiapan memang lebih lama dari acara pesta pernikahan. Calon mempelai biasanya suka melupakan kesehatannya lantaran terlalu antusias menyambut hari bahagia.

Persiapan pernikahan tidak melulu soal uang. Nyatanya kesehatan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Kesehatan disini tidak hanya fisik saja namun juga mental para calon mempelai.

"<yoastmark

Tips Kesehatan Menjelang Pernikahan

Mengikrarkan janji suci membutuhkan mental yang kuat. Karena akan mengutarakan sebuah janji dimana untuk melangkah menjalani hidup baru dengan orang baru juga. Berikut adalah tips menjaga kesehatan sebelum menikah :

Memilih Makanan yang Sehat dan Bergizi

Makanan merupakan suatu hal utama yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan. sangat dianjurkan bagi orang yang akan menikah untuk memilih menu makanan yang sehat dan bergizi. Dalam hal ini, pasangan calon mempelai harus rajin konsumsi buah dan sayur. Terkadang juga sertakan camilan yang sehat.

Jika salah satu pasangan ada yang sedang menjalani program diet walaupun mengurangi porsi, jangan sampai salah pilih menu makanan. Hal ini bias berdampak buruk jika hanya makan makanan yang asal-asalan. Jangan lupa untuk selalu konsumsi vitamin agar bisa menjaga daya tahan tubuh pada saat pesta pernikahan berlangsung.

Rutin Berolahraga

Tips kesehatan menjelang pernikahan berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Minimal melakukan olahraga selama 2,5 jam dalam seminggu. Khususnya dalam hal ini adalah melakukan olahraga yang bisa meningkatkan pernapasan dan jantung.

Melakukan workout selama satu bulan penuh sebelum menikah akan membuat calon mempelai lebih ramping dan segar. Paling tidak bisa dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Hal ini sudah akan memberikan efek kesehatan bagi tubuh.

Mengelola Stres

Masalah yang menumpuk ketika mempersiapkan segala sesuatu berkenaan dengan pernikahan biasanya akan menimbulkan stres. Biasanya stres akan mengakibatkan sakit kepala, sulit konsentrasi, mudah marah, dan masih banyak lagi masalah akibat stres. Dengan begitu, penting bagi calon mempelai untuk bisa mengelola stres dengan baik.

Sesekali perlu refreshing agar terhindar dari gejolak stres. Jangan sampai memikirkan pernikahan sebagai sesuatu yang berat. Ubah pola pikir bahwa pernikahan adalah sesuatu yang menyenangkan.

Tips Kesehatan Menjelang Pernikahan Dengan Vaksinasi HPV

Kanker leher rahim atau kanker serviks merupakan penyakit pembunuh wanita nomor dua di dunia. Bahkan penyakit ini menempati urutan pertama di dunia. Faktor yang menyebabkan penyakit ini adalah adanya hubungan seks di waktu muda atau pernikahan usia dini. Bisa juga karena berganti-ganti pasangan. Bahkan merokok juga jadi salah satu penyebab terjadinya kanker serviks.

Melakukan vaksinasi HPV adalah salah satu tips kesehatan menjelang pernikahan yang bisa dilakukan. Proses berkembangnya kanker serviks ini sangat lama berkisar antara 1-20 tahun lamanya. Pada masa prakanker tidak akan menimbulkan gejala apapun pada kesehatan wanita. Namu perlu diwaspadai jika ada cairan encer yang keluar pada vagina.

Menjaga Pola Tidur

Nah, ini adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh calon mempelai. Menjaga pola tidur bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Calon pengantin tidak boleh overthinking dan mengalami gangguan tidur yang tidak sehat.

Imunisasi Tetanus

Melakukan imunisasi tetanus dan difteri (Td) bagi wanita subur atau hamil serta calon pengantin merupakan lanjutan yang terdiri dari imunisasi terhadap serangan penyakit tetanus dan difteri.

Calon pengantin perlu mendapatkan imunisasi ini agar memiliki kekebalan. Sehingga ketika memasuki masa kehamilan, ibu melahirkan, serta bayi bisa terlindungi dari penyakit tetanus.

Menjaga Kesehatan Reproduksi

Tips kesehatan menjelang pernikahan yang berikutnya adalah rutin menjaga kesehatan reproduksi. Hal ini bertujuan agar nantinya bisa berfungsi dengan baik dan tidak ada gangguan penyakit yang menyerang pasangan suami istri nantinya.

Sebaiknya dilakukan dengan rutin ganti celana minimal 2 kali sehari. Calon pengantin juga dianjurkan untuk menggunakan pakaian berbahan sintetis katun agar dapat mudah menyerap keringat serta tidak terlalu ketat. Ketika mandi perlu memperhatikan kebersihan handuk. Karena bisa saja ada jamur yang menempel di handuk dan menyebabkan penyakit.

Tips Kesehatan Menjelang Pernikahan Terkait Mental

Sehat mental adalah kondisi dimana seseorang bisa berkembang secara fisik, jiwa, spiritual, dan sosial. Sehingga memiliki rasa sadar diri adalah solusi dalam menghadapi konflik dengan orang lain. Dengan begitu, calon pengganti juga harus menerapkan sikap yang demikian.

Hal ini bertujuan agar hubungan tetap harmonis dan berjalan sampai hari H pernikahan. Tips kesehatan menjelang pernikahan ini memang tidak terkait dengan fisik. Namun, dampak yang diberikan sangat besar.

Masing-masing calon pengantin harus lebih memahami antara satu sama lain. Mereka juga harus melakukan kewajiban sesuai tugas masing-masing. Artinya tidak memberikan beban diri pada pasangannya. Yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan keluarga.

Berhenti Merokok

Jika diantara calon pasangan adalah perokok aktif, maka disarankan untuk segera berhenti merokok. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan bayi kedepannya. Bisa menimbulkan gangguan kehamilan dan kesehatan calon ibu.

Itulah tips kesehatan menjelang pernikahan yang bisa dilakukan. Wujudkan pernikahan yang sehat bebas gangguan penyakit baik fisik maupun mental agar kehidupan berumah tangga terjaga dengan baik.

Komentar Kamu