Connect with us

TIPS

Jalankan Pola Hidup Sehat Saat Pandemi Virus Corona

Published

on

Jalankan Pola Hidup Sehat Saat Pandemi Virus Corona

Menjaga imunitas tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini sangat penting. Imunitas tubuh bisa dijaga dengan konsumsi makanan yang sehat. Tak hanya itu, pola hidup sehat juga merupakan penunjang dalam menjaga kualitas hidup.

Hal ini selain untuk menjaga imunitas tubuh juga mengantisipasi keadaan kesehatan anggota keluarga. Apalagi saat ini menjalankan protokol kesehatan sangatlah diwajibkan. Hal ini adalah tonggak bagi masyarakat agar tetap aman bersosialisasi.

Rumah adalah tempat ternyaman dan teraman di masa seperti ini. Walaupun begitu, bukan berarti kita hanya berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi tubuh. Walaupun di rumah saja, tubuh harus tetap produktif.

Di masa pandemi ini kita harus rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan lain sebagainya. Dengan segala keterbatasan yang ada, kita harus selalu update mengenai informasi di masa pandemi. Dengan begitu, kita bisa lebih waspada ketika mengunjungi suatu tempat atau wilayah.

Jalankan Pola Hidup Sehat Saat Pandemi Virus Corona

wp.nyu.edu

Menjaga Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Ada beberapa tips untuk menjalankan kehidupan yang pas di masa pandemi ini. Mulai dari aktivitas fisik hingga mengonsumsi makanan yang sehat dan baik bagi tubuh. Tak hanya fisik saja, mental juga perlu diperhatikan saat ini. Hal ini bertujuan agar tetap menjaga keseimbangan yang nantinya bisa memperbaiki kualitas hidup yang lebih baik.

Berikut adalah tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan pada saat pandemi virus Corona:

Olahraga Rutin

Solusi pertama dalam menjaga imunitas tubuh adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga bisa dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Hal ini bisa mempertahankan kebugaran dan kesehatan diri.

Selain menjaga daya tahan tubuh, olahraga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung, stroke, dan meningkatkan kesehatan pada kardiovaskular. Waktu yang digunakan untuk melakukan aktivitas olahraga tidak perlu lama-lama. Cukup 30 menit saja sudah bisa mengeluarkan keringat.

Mungkin saat di rumah, banyak aktivitas lain yang tidak bisa diganggu. Waktu yang tepat adalah ketika pagi hari sebelum melakukan kegiatan lain. Agar tidak terlalu ribet, bisa melakukan olahraga yang menyenangkan. Misalnya yoga, dansa, berlari, dan aktivitas lainnya.

Memperbanyak Minum Air Putih

Memperbaiki pola hidup sehat berikutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Hal ini sangat bermanfaat bagi kebutuhan cairan pada tubuh kita. Air putih merupakan cairan yang paling alami dan bebas kalori sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Karena air putih ini bebas kalori, jadi bisa mengontrol kebutuhan kalori pada tubuh. Air putih juga bisa membersihkan racun yang ada di tubuh kita. Minum air putih sebaiknya 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air putih.

Konsumsi Sayur dan Buah

Makan buah dan sayur baik bagi kesehatan tubuh. Sebab buah dan sayur adalah sumber nutrisi yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Kandungan nutrisi yang ada bisa merupakan sumber energi dan tenaga bagi tubuh kita.

Adanya kandungan antioksidan baik untuk kesehatan mata, sistem imun, serta menjaga kesehatan kulit kita. Jika di masa pandemi ini ada yang melakukan proses diet, sangat tepat memasukkan buah dan sayur dalam menu harian.

Konsumsi buah dan sayur juga bisa menghindarkan diri dari berbagai penyakit berisiko. Sebaiknya konsumsi 5-9 porsi buah dan sayur setiap harinya. Dengan begitu, pola hidup sehat mulai dijalankan.

Pola Hidup Sehat Dengan Menjaga Kesehatan Mental

Nah, menjaga kesehatan mental ini sangat penting di masa pandemi. Sebab banyak isu hoax yang menyebar sehingga menyebabkan kepanikan tersendiri bagi sebagian orang. Hal ini bisa mengganggu kesehatan mental mereka.

Dalam kondisi ini, kita harus bisa menjaga mood agar tidak terpengaruh pada hal-hal negatif. Caranya dengan tidur tepat waktu 7-8 jam sehari. Bisa juga kita selalu melakukan aktivitas menyenangkan. Misalnya hobi, ngobrol dengan orang tersayang, dan lain sebagainya.

Menghindari Rokok dan Konsumsi Alkohol

Rokok dan alkohol tidak baik bagi kesehatan. Banyak penyakit dan gangguan kesehatan yang ditimbulkan akibat dua hal tersebut. Salah satunya adalah kesehatan paru-paru akan terganggu.

Menghindari rokok dan alkohol adalah usaha memperbaiki pola hidup sehat agar terhindar dari serangan penyakit. Hal ini bisa memperbaiki daya tahan tubuh. Sehingga kita tubuh akan kebal dan menurunkan resiko terserang virus Corona.

Membatasi Keluar Rumah

Di masa pandemi ini ada tambahan dalam menjaga kesehatan, yaitu dengan membatasi diri saat keluar rumah. Jika tidak terlalu penting, usahakan tetap di rumah saja. Hal ini bisa mengurangi risiko penularan virus Corona.

Keluar rumah sekedar untuk berbelanja bahan makanan, pakaian, dan bekerja saja. Untuk hal yang tidak begitu penting, mending dihindari dahulu. Jangan lupa ketika keluar rumah tanpa memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan selalu membawa hand sanitizer.

Pola Hidup Sehat Dengan Menjaga Kebersihan

Demi mendapatkan kualitas hidup sehat yang baik, kita harus rajin menjaga kebersihan. Walaupun sudah cuci tangan, tapi bukan berarti bisa bebas terhindar virus. Kita sebaiknya tidak memegang area wajah ketika belum mencuci tangan.

Ketika pulang dari bepergian, alangkah baiknya langsung mencuci pakaian yang habis digunakan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya virus Corona yang menempel. Dengan begitu, tidak sia-sia kita melakukan pola hidup sehat.

Mencuci tangan yang baik saat pandemi minimal dilakukan selama 20 detik. Jika tidak ada sabun cuci tangan, bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen.

Jika batuk atau bersin, sebaiknya menggunakan siku bagian dalam untuk menutup hidung dan mulut. Bisa juga menggunakan tisu yang sekali pakai. Hal ini bisa mengurangi risiko penularan virus Corona bagi diri kita.

Dengan melakukan pola hidup sehat, kita bisa menjaga imunitas tubuh agar tetap vit. Tubuh akan terhindar dari virus Corona karena kondisinya selalu bugar.

Komentar Kamu
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *