Connect with us

WEDDING

Persiapan Pernikahan yang Harus Diketahui, Jangan Salah Melangkah!

Published

on

Persiapan Pernikahan yang Harus Diketahui, Jangan Salah Melangkah!

Pernikahan adalah acara sakral yang menjadi impian masa depan setiap orang. Namun tidak semudah itu menggelar suatu acara pernikahan. Ada banyak persiapan pernikahan yang harus diketahui. Tujuannya adalah agar acara pernikahan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

Persiapan Pernikahan yang Harus Diketahui, Jangan Salah Melangkah!

theknot.com

Berbagai Persiapan Pernikahan yang Harus Diketahui

Persiapan pernikahan harus dilakukan jauh-jauh hari dari acara. Karena tentunya persiapan harus dilakukan secara matang-matang dan tepat. Persiapan sebuah acara pernikahan bisa menggunakan jasa Wedding Organizer atau juga bisa dilakukan sendiri. Adapun berbagai persiapan tersebut sebagai berikut.

1. Menentukan Anggaran yang akan Dikeluarkan

Hal ini adalah yang paling penting, karena akan mempengaruhi sukses tidaknya acara. Jumlah anggaran akan mempengaruhi jumlah tamu yang akan diundang, menentukan souvenir, menu catering, dan tempat pelaksanaan acara.

Apabila budget atau anggaran telah ditentukan, sebaiknya jangan dirubah-rubah lagi agar persiapan pernikahan yang harus diketahui tersebut bisa terlaksana dengan sesuai. Tapi jangan lupa untuk menentukan budget yang lebih dari diperlukan. Apabila nanti ada sesuatu hal yang perlu penambahan biaya tidak akan bingung mempersiapkannya.

2. Memilih Konsep Pernikahan

Sebuah konsep pernikahan harus dipersiapkan dengan baik, karena juga akan mempengaruhi besarnya pengeluaran. Untuk di Indonesia sendiri, konsepnya bisanya terdiri dari konsep tradisional dan nasional maupun internasional.

Selain itu, hal ini juga akan menciptakan keserasian saat pesta. Konsep yang dipilih akan menentukan busana yang akan dikenakan saat acara berlangsung. Selain itu, juga bisa menjadi penentu souvenir, menu makanan, dan kartu undangan seperti apa yang akan dipilih.

3. Menentukan Tanggal, Tempat, dan Vendor

Sebenarnya semua hari adalah baik, tapi setiap daerah memiliki adat dan kepercayaan masing-masing. Sehingga persiapan pernikahan yang harus diketahui selanjutnya adalah menentukan tanggal pernikahan. Bisa disesuaikan dengan tradisi masing-masing atau pada hari-hari favorit. Untuk tempat, anda bisa menentukan di rumah, gedung, hotel, atau tempat lainnya.

Sesuaikan saja dengan budget serta selera anda dan pasangan. Karena terdapat gedung atau tempat lain yang menawarkan dekorasi dan vendor, anda harus memastikannya terlebih dahulu. Jangan sampai dekorasinya nanti tidak sesuai dengan harapan.

4. Mempersiapkan Dokumen Pernikahan

Tentu ketika akan melangsungkan sebuah acara pernikahan dibutuhkan dokumen atau surat-surat penting agar sah secara agama maupun hukum. Untuk yang beragama islam, pernikahan bisa diurus di Kantor Urusan Agama.

Dokumen-dokumen tersebut nantinya diserahkan ke kantor kelurahan. Nanti syarat dari kelurahan diserahkan ke KUA domisili mempelai wanita, tujuannya agar mempelai pria mendapat surat rekomendasi numpang nikah dari daerah asal. Persiapan pernikahan yang harus diketahui kali ini sangat menentukan sah tidaknya acara.

5. Memilih Wedding Organizer

Sebenarnya acara pernikahan bisa disiapkan secara sendiri, namun tentu tidak mudah dan sangat diperlukan waktu yang banyak. Untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu, sebaiknya menggunakan jasa Wedding Organizer. Acara pernikahan juga akan lebih terorganisir dan anda hanya tinggal menunggu, semuanya akan dipersiapkan acara secara tuntas .

Dalam memilih wedding organizer harus tepat , jangan sampai sembarangan. Pilihlah Wedding Organizer yang terpercaya dan berpengalaman dalam bidangnya. Selain itu reputasi yang baik juga harus menjadi pertimbangan. Jangan sampai tergiur dengan harga yang sangat murah. Anda bisa menanyakan kepada kerabat atau teman yang pernah menggunakan jasa sebuah wedding organizer.

6. Catering

Persiapan pernikahan yang harus diketahui kali ini merupakan salah satu aspek penting. Untuk menjamu tamu undangan dengan baik diperlukan sajian-sajian yang lezat dan memadai. Memilih menu catering juga bisa dengan melihat konsep pernikahan anda. Jika konsepnya tradisional, bisa memilih menu masakan Nusantara atau yang khas dengan daerah anda.

Namun jika konsepnya nasional atau internasional bisa memilih menu yang umum, mewah, namun tetap sesuai dengan lidah tamu-tamu anda. Namun jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan tersebut terlebih dahulu sebelum memakannya. Jangan sampai menyesal jika saat acara berlangsung ternyata rasanya tidak enak atau sesuai.

7. Pakaian Kedua Mempelai

Nah, penentuan konsep tadi juga akan menentukan pakaian apa yang akan anda dan pasangan pakai. Jika konsepnya tradisional seperti adat jawa atau sunda, tentunya memakai baju adat daerah tersebut. Sementara jika konsepnya nasional atau internasional, bisa menggunakan gaun untuk mempelai wanita dan tuksedo untuk mempelai pria. Namun, itu semua juga bisa anda disesuaikan juga dengan budget yang telah ditentukan.

8. Mempersiapkan Mahar

Mahar merupakan syarat utama dalam sebuah pernikahan yang akan diberikan mempelai pria ke mempelai wanita. Untuk di Indonesia sendiri, mahar yang dipilih biasanya berupa emas, seperangkat alat ibadah, dan sejumlah uang tunai. Mengenai besarnya tidak ada batasan. Sehingga persiapan pernikahan yang harus diketahui kali ini bisa disesuaikan dengan budget dan asalkan mempelai wanita menyetujuinya.

9. Menentukan Banyaknya Tamu Undangan

Menentukan jumlah tamu undangan bisa dengan mempertimbangkan budget yang dimiliki. Jangan terlalu memaksakan ingin mengundang banyak orang, tetapi tidak sesuai dengan budget yang dimiliki. Jika sudah, anda bisa melakukan cetak undangan. Jumlahnya bisa sesuai dengan jumlah tamu undangan ataupun tidak. Karena juga ada beberapa orang yang memilih mengundang teman dekat atau kerabat secara langsung atau online.

10. Memilih Souvenir

Biasanya dalam suatu acara pernikahan akan menyediakan souvenir untuk para tamunya. Untuk jumlahnya bisa sesuai dengan jumlah tamu undangan atau bahkan lebih, yang jelas jangan sampai kurang. Untuk jenis souvenirnya, sesuaikan saja dengan budget yang sudah dialokasikan. Mungkin anda bisa memilih souvenir berupa benda-benda kecil yang fungsional seperti gunting kuku, gelas, dompet, payung, sisir, dan masih banyak lagi.

Demikian berbagai persiapan pernikahan yang harus diketahui. Sebuah acara yang sakral tentu butuh persiapan dengan sebaik mungkin. Acara yang seharusnya hanya akan berlangsung satu kali seumur hidup ini harus menjadi acara yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Komentar Kamu
Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Tips Kesehatan Menjelang Pernikahan Siap Wujudkan Keluarga Sejahtera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *