Connect with us

MOTIVASI

Belajar dari Penyebab Kegagalan Usaha Yasa Singgih dalam Berbisnis

Published

on

Belajar dari Penyebab Kegagalan Usaha Yasa Singgih dalam Berbisnis

Menjadi seorang perintis bisnis tentu perlu banyak pasang surutnya. Ketika mengalami kondisi yang berada dibawah perlu mengetahui penyebab kegagalan usaha yang terjadi. Bahkan di antara para pebisnis profesional banyak yang mengalami depresi akibat dunia bisnis yang begitu seram.

Kegagalan dalam bisnis memang tak bisa dihindari. Rasanya belum menjadi pebisnis hebat jika belum pernah mengalami kegagalan. Sebab gagal adalah sebuah batu loncatan yang bisa membawa seseorang menjadi yang luar biasa.

Dengan adanya kondisi yang seperti ini, menuntut pemilik bisnis agar bisa mencari cara di tengah kegalauan yang melanda. Mereka dipaksa untuk berpikir keras dan mencari jalan keluar. Tak hanya itu, mereka juga harus mengembalikan mental down yang dirasakan.

Salah satu motivator bisnis muda yang bisa dicontoh adalah Yasa Singgih. Pernah mengalami berbagai pasang surut bisnis yang cukup mengerikan. Namun, berkat kegigihannya mampu menjadikan kegagalan tersebut sebagai penyemangat dalam membangun sebuah bisnis.

Belajar dari Penyebab Kegagalan Usaha Yasa Singgih dalam Berbisnis

youtube.com

Yasa Singgih Belajar dari Penyebab Kegagalan Usaha yang Dirintis

Sosok pebisnis muda yang lahir pada 23 April 1995 ini memang sangat membangun semangat generasi muda. Yasa Singgih yang usianya masih sangat muda sudah bisa menjadi seorang pebisnis hebat. Bahkan posisinya saat ini sudah menjadi seorang milyader.

Ternyata posisi milyader yang disandang Yasa Singgih telah dicapai saat usianya 20 tahun. Hingga Forbes memasukkannya dalam daftar Forbes 30 under 30 pada tahun 2016. Tepatnya Yasa Singgih masuk pada kategori Retail & E-Commerce.

Dengan umur yang masih muda dan menjadi seorang milyader merupakan keunggulan tersendiri bagi sosok pebisnis muda sepertinya. Hal ini tentu adanya dukungan skill Yasa dalam dunia bisnis. Tak heran jika dalam menjalankan bisnisnya mudah untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Yasa selalu menelaah penyebab kegagalan usaha yang ia alami. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi kekurangan yang selama ini dijalankan. Namun, Yasa tak pernah merasa putus asa dan selalu bangkit demi membesarkan bisnis yang dijalani.

Dalam menjalankan bisnisnya, Yasa Singgih tak pernah lelah untuk selalu menimba ilmu. Hal ini ia lakukan agar bisa mencari jalan keluar untuk terus maju dan berkembang. Tanpa ilmu usaha yang selama ini ia rintis akan sia-sia begitu saja.

Pasang Surut Sejak Awal Bisnis

Yasa Singgih adalah pebisnis muda yang memberanikan diri membangun bisnis sejak usia muda. Sejak SMA Yasa sudah mendalami dunia bisnis. Tak heran jika sekarang Yasa mampu berkembang dengan sangat baik dalam dunia bisnis yang sudah terkontaminasi dengan perkembangan zaman.

Bisnis sudah menjadi makanan sehari-hari baginya. Asam manis kehidupan telah ia jalani sejak dini. Ketika mengalami masalah dan kendala tentu tidak akan begitu kaget.

Terlebih saat kelas 3 SMP, ayahnya pernah mengalami serangan jantung. Karena kondisinya yang sudah parah diharuskan untuk operasi. Nah, situasi inilah yang mulai membangun semangat Yasa untuk memperoleh penghasilan sendiri.

Yasa Singgih selalu bekerja keras demi meringankan beban hidupnya. Bahkan Yasa selalu melirik atas penyebab kegagalan usaha yang pernah ia terima. Berbagai pekerjaan yang ringan hingga berat pernah ia lakukan. Bahkan Yasa pernah menjadi seorang MC pada berbagai acara.

Dulu Yasa pernah membangun bisnis lampu hias. Namun, bisnis tersebut terpaksa berhenti di tengah jalan. Lantaran tidak mendapatkan persediaan barang dari distributor.

Sejak saat itu Yasa berusaha membuka bisnis dengan berjualan kaos. Yasa mulai mendesain kaos dengan kerja kerasnya gigih. Hingga akhirnya Yasa berhasil memproduksi dua lusin kaos. Sayangnya, kaos tersebut hanya laku terjual dua buah. Pembeli yang satunya tak lain hanya ibunya sendiri.

Alami Kebangkrutan

Yasa yang selalu mengevaluasi penyebab kegagalan usahanya mendapatkan satu kunci untuk menuju ke bisnis yang besar. Perlahan Yasa mulai beradaptasi dengan cara kerja berbisnis yang baik dan benar. Usaha kaosnya bisa naik daun dan akhirnya merambah ke dunia kuliner pada tahun 2012.

Bisnis yang Yasa jalani tak berlangsung lama. Yasa mengalami kebangkrutan dan mendapatkan kerugian yang cukup besar. Hal ini karena kurangnya pembagian waktu antara sekolah dan bisnisnya. Dengan niat yang tulus, Yasa pun fokus belajar dalam berbisnis.

Setelah lulus, akhirnya Yasa bisa merintis bisnisnya dengan membuka produk pria. Yasa mengembangkan bisnis barunya dengan mencari mitra bisnis. Pada saat itu Yasa menemukan pabrik sepatu untuk menentukan target pasar dan harga berdasarkan riset.

Akhirnya bisa menjual ratusan pasang sepatu per bulannya. Hingga Yasa bisa meraih omzet ratusan juta rupiah. Usaha itulah yang menjadi cikal bakal Men’s Republic sebuah brand ternama fashion khusus pria.

Motivasi Kesuksesan Yasa Singgih

Berikut adalah motivasi yang bisa diambil dari lika-liku perjalanan Yasa Singgih dalam merintis sebuah bisnis:

Mau Mencoba dan Berani Mengambil Risiko

Setelah Yasa mengetahui penyebab kegagalan usaha yang selama ini dirintis selalu berani mencoba hal baru. Yasa juga berani mengambil risiko dalam setiap langkah yang ditempuh. Tentu saja hal ini sudah dipikirkan baik-baik dan matang dalam kedepannya.

Tidak Pantang Menyerah

Banyak kegagalan yang telah Yasa alami. Namun, tidak membuatnya putus asa untuk terus melangkah. Bahkan Yasa selalu mencari peluang agar bisa membuka usaha baru.

Belajar dari Pengalaman

Baginya pengalaman adalah guru terbaik yang bisa menyempurnakan bisnisnya. Yasa selalu melakukan survey dan evaluasi atas usaha yang selama ini dijalankan. Dengan banyaknya pengalaman yang telah Yasa dapatkan akhirnya bisa menggiringnya membangun bisnis dengan konsep yang sangat matang.

Memanfaatkan Masa Muda

Usia muda memang sangat menjanjikan dalam merintis sebuah karir. Hal ini merupakan pondasi yang kuat untuk meraih masa depan dengan kesuksesan. Yasa selalu memanfaatkan masa mudanya dengan baik. Selalu menikmati masa muda dengan gembira dan selalu belajar demi mendapatkan pelajaran yang berharga.

Dengan begitu, penyebab kegagalan usaha merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa. Sebab adanya kegagalan mampu membawa seseorang menuju pintu kesuksesan di masa yang akan datang.

Komentar Kamu
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *