Connect with us

TIPS

Tips Menjaga Kesehatan Wanita agar Terhindar dari Penyakit Berisiko

Published

on

Tips Menjaga Kesehatan Wanita agar Terhindar dari Penyakit Berisiko

Menjaga kesehatan wanita sangatlah penting. Baik itu kesehatan tubuh maupun kesehatan organ reproduksi. Tentunya hal tersebut didasari dengan adanya kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini, membuktikan bahwa cantik saja tidak cukup bagi seorang wanita. Harus ada faktor pendukung lain agar wanita tampak lebih menarik. Salah satunya adalah kesehatan yang mungkin saat ini jarang diperhatikan.

Padahal memperhatikan kesehatan sangat penting bagi seorang wanita. Pasalnya dengan memiliki tubuh yang sehat mereka mampu melakukan tugasnya sebagai seorang wanita dengan lebih maksimal.

Selain itu, wanita lebih rentan terkena penyakit. Sebab daya tahan tubuh wanita berbeda dengan seorang pria. Dengan begitu wanita harus benar-benar bisa merawat diri dengan baik.

Tips Menjaga Kesehatan Wanita agar Terhindar dari Penyakit Berisiko

skinnyms.com

Tips Menjaga Kesehatan Wanita

Mendapatkan tubuh yang sehat pasti menjadi keinginan bagi wanita. Hal ini bisa menambah kepercayaan diri mereka tampil di depan publik. Pasalnya wanita memang dikenal lebih ribet dibandingkan laki-laki. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan seorang wanita:

Mengatur Pola Makan yang Natural

Pola makan akan menjadi pengaruh besar pada kesehatan seorang wanita. Makanan yang dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas. Namun, kekurangan makan juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Dalam hal ini, wanita diusahakan harus selalu mengonsumsi makanan olahan sendiri. Mengonsumsi makanan olahan seperti daging dapat menyebabkan kanker. Hal ini harus dihindari agar kesehatan anda tetap terjaga.

Wanita harus rajin mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur setiap harinya sesuai dengan porsi makan yang tepat. Tidak lupa untuk menambahkan lauk dengan porsi yang cukup agar kebutuhan makanan sehat tetap seimbang.

Olahraga Rutin

Menjaga kesehatan wanita tidak melulu soal makanan saja. Percuma konsumsi makanan yang sehat tapi kondisi badan tidak bugar. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar wanita selain kanker. Dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit yang berbahaya.

Olahraga dilakukan sebaiknya selama 30 menit setiap hari. Bisa juga dilakukan minimal tiga kali dalam seminggu. Nah, olahraga tidak perlu yang berat misalnya yoga, lari, skipping, dan lain sebagainya.

Dengan berolahraga juga bisa membantu menjaga berat badan agar tetap seimbang. Setiap hari akan membakar kalori yang ada pada tubuh. Dengan begitu bisa membantu anda yang sedang menjalankan proses diet.

Menghindari Kebiasaan yang Berisiko

Sebagai seorang wanita sudah sewajarnya menjaga perilaku agar tetap lemah lembut sesuai kodratnya. Tak sedikit dijumpai seorang wanita justru banyak yang melakukan aktivitas diluar dugaan. Bahkan sudah menjadi sebuah kebiasaan wanita seperti merokok, minum alkohol, dan lain sebagainya yang memicu berbagai risiko kesehatan.

Agar tetap bisa menjaga kesehatan wanita sebaiknya menghindari hal-hal tersebut. Sebab kedepannya bisa mengganggu kesehatan wanita ketika akan menjadi seorang ibu. Bahaya tersebut bisa memicu pada kejadian yang fatal. Jadi, sebelum semuanya terlambat alangkah baiknya dihindari sejak dini.

Hindari Stres

Sebagai seorang wanita pasti sering mengalami stres. Karena pada dasarnya wanita lebih menggunakan perasaan daripada logikanya. Dengan begitu menyebabkan wanita yang sudah terbawa perasaan akan hanyut dengan suatu masalah dan membuat beban pikiran. Inilah yang sering terjadi hingga menimbulkan stres.

Wanita bisa mencegah hal tersebut dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Misalnya berlibur bersama teman-teman, melakukan hobi, menonton, dan lain sebagainya. Luangkan waktu untuk menenangkan pikiran dan mencoba untuk berpikir kritis dengan menggunakan logika.

Menggunakan Tabir Surya

Pancaran sinar matahari bisa meningkatkan risiko kanker kulit yang mematikan. Wanita bisa menggunakan lotion dengan SPF minimal sebesar 15 setiap harinya. Terutama ketika sedang berada diluar rumah dan terpapar sinar matahari secara langsung.

Dalam hal ini, wanita harus waspada terhadap tanda-tanda yang timbul. Bisa dilihat dengan mengamati ukuran tahi lalat atau tanda lahir. Apabila menemukan bintik aneh dan asing pada kulit segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan agar tetap bisa menjaga kesehatan wanita.

Tidur Tepat Waktu

Biasanya banyak wanita yang melupakan pola tidur yang baik. Padahal tidur yang cukup bisa mencegah terjadinya penuaan dini pada wanita. Tidur yang baik adalah 6-8 jam tiap harinya.

Bagi wanita usahakan untuk tidak begadang. Hal ini juga bisa memicu terjadinya penyakit lain salah satunya adalah anemia. Kurang tidur pada wanita biasanya akan menyebabkan dirinya rewel dan tidak mood.

Melakukan Pemeriksaan Dini

Menjaga kesehatan wanita tidak harus tampak fisik saja. Organ dalam juga perlu dijaga dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Wanita harus memeriksa keadaan payudara barangkali ada tanda tanda kanker. Tak hanya itu wanita juga harus rutin untuk memeriksa kesehatan mengenai kanker serviks.

Pemeriksaan kanker serviks bisa dilakukan ketika usia sudah 40 tahun ke atas. Apabila terdeteksi adanya kanker maka bisa diatasi lebih cepat dan lebih awal. Dengan begitu kebutuhan kesehatan wanita akan lebih terjamin.

Rekomendasi Makanan untuk Wanita

Wanita membutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Makanan merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh wanita dalam menjaga kesehatannya:

Edamame

Merupakan salah satu makanan yang menjadi pendukung utama dalam menjaga kesehatan wanita. Kandungan di dalamnya berupa serat dan lemak baik. Bisa menjaga fungsi organ tubuh wanita agar tetap bekerja dengan semestinya.

Brokoli

Kandungan sulforaphane pada brokoli bermanfaat untuk menurunkan estrogen dalam tubuh. Sehingga bisa mencegah risiko terjadinya kanker pada wanita.

Sarden

Sangat disarankan bagi wanita yang sedang menyusui untuk banyak mengonsumsi sarden. Sebab sarden banyak mengandung asam lemak sehat, vitamin D, serta kalsium yang memperbaiki kualitas ASI.

Beri-berian

Buah beri-berian mengandung flavonoid dan antioksidan yang bida melindungi sel-sel agar tetap sehat. Sangat dianjurkan bagi wanita yang sudah memasuki usia lanjut.

Dengan melakukan tips menjaga kesehatan wanita akan memberikan hasil yang maksimal. Paling tidak bisa mencegah dan menghindari risiko penyakit berbahaya sejak dini.

Komentar Kamu
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *