Connect with us

TIPS

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Belajar Daring di Masa Pandemi

Published

on

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Belajar Daring di Masa Pandemi

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Sebab banyak pekerjaan yang menuntut harus memiliki mata yang sehat. Tak hanya itu, mata yang sehat juga akan memudahkan seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Apalagi saat masa pandemi seperti sekarang ini, kesehatan mata menjadi salah satu sorotan yang selalu diperbincangkan. Pasalnya, banyak aktivitas belajar dirumah secara daring menuntut generasi muda untuk selalu melihat layar HP maupun laptop. Bagi para pekerja yang melakukan WFH juga perlu memperhatikan kesehatan mata.

Mata memegang peranan yang cukup vital bagi perkembangan anak. Dengan penglihatan yang baik, segala aktivitas bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan. Jika tidak dirawat sejak dini, maka akan berdampak pada saat usia dewasa.

Mau tidak mau mereka harus menggunakan kacamata. Orang yang memakai kacamata memang bukan masalah yang besar. Namun, sebagian aktivitas akan terganggu dengan adanya masalah yang terjadi pada mata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Belajar Daring di Masa Pandemi

indianexpress.com

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Era Pandemi

Kini segala aktivitas di luar rumah seperti sekolah harus dilakukan di rumah. Hal ini memaksa para siswa untuk selalu berhadapan dengan layar laptop atau HP. Jika tidak, maka mereka bisa ketinggalan pelajaran.

Belajar secara online mungkin bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan mata. Namun, sebagai masyarakat yang paham akan kesehatan setidaknya mengupayakan cara agar mata tetap sehat. Pasalnya, sangat penting menjaga mata agar tetap sehat tanpa adanya masalah.

Selain memudahkan berbagai aktivitas, mata yang sehat juga akan memberikan banyak kesempatan bagi seseorang untuk terus berkarya. Tak hanya itu, kesehatan mata juga akan berpengaruh di masa tua nanti.

Supaya mata tetap normal saat usia lanjut, sebaiknya mulai dirawat sejak dini. Walaupun masa pandemi ini mengharuskan seseorang untuk terus berbaku hantam dengan layar, tapi setidaknya tahu apa yang harus dilakukan agar selalu menjaga kesehatan mata seseorang.

Bahaya Terlalu Lama Berhadapan dengan Layar HP atau Laptop saat Daring

Terlalu lama memandang layar tidak bagus bagi kesehatan mata. Aktivitas mata untuk berkedip menjadi menurun. Akibatnya mata sering perih dan sakit.

Padahal dengan berkedip mata akan lebih lembab dan terhindar dari masalah iritasi. Mata yang sudah mulai mengalami penurunan kesehatan ditandai dengan mata yang sering berair, gatal, juling, mengusap mata, sering berkedip, dan lain sebagainya.

Apabila kesehatan mata sudah menurun, bisa menimbulkan adanya penyakit lain. Sebab memandang layar yang terlalu lama juga bisa mempengaruhi saraf otak pada seseorang. Nantinya bisa menimbulkan ketidakfokusan lingkungan.

Terlalu sering memandang layar juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit anemia. Seseorang akan pusing dan penglihatan mulai kabur. Saat berdiri tiba-tiba pandangan sudah buram dan jatuh.

Tips Jaga Kesehatan Mata Akibat Terlalu Lama Belajar Daring

Perhatikan tips dibawah ini untuk menjaga kesehatan mata saat sedang daring:

Menggunakan Komputer atau Laptop dengan Ukuran yang Lebar

Agar mata tetap sehat, sebaiknya saat daring menggunakan laptop atau komputer yang memiliki ukuran layar yang lebar. Dampaknya sudah pasti akan membuat mata menjadi perih dan berair. Namun, setidaknya bisa mengurangi kedekatan mata dengan objek yang dilihat. Tulisan dan gambar memiliki ukuran yang lebih besar.

Selain itu, penggunaan layar yang lebih besar juga memudahkan bagi orangtua untuk memantau anaknya saat belajar. Tak perlu harus merasa curiga terhadap aktivitas anak. Karena layar yang lebar memberikan kesempatan bagi orang tua untuk melihat dengan leluasa.

Menerapkan Sistem Triple 20

Mungkin sebagian orang masih asing dengan metode triple 20 ini. Dalam medis dijelaskan aturan yang digunakan untuk mengurangi gejala mata merah dan lelah saat terlalu lama menatap layar. Hal ini yang sekarang dirasakan oleh para siswa-siswi di Indonesia.

Lebih parahnya menatap layar laptop atau komputer terlalu lama bisa menyebabkan computer vision syndrome. Gangguan yang ditimbulkan biasanya berupa masalah penglihatan pada mata. Untuk menjaga kesehatan mata, maka ada namanya metode triple 20.

Metode ini artinya 20 menit menatap layar komputer. Setelah itu, istirahat sejenak selama 20 detik. Istirahat itu digunakan untuk melihat sekeliling dengan jarak 20 meter atau minimal 6 meter.

Mengatur Kontras Layar

Masih berbicara soal layar agar mata bisa lebih mendingan saat belajar daring alangkah baiknya untuk mengatur kontrasnya. Jangan terlalu terang dan jangan terlalu redup.

Dengan pengaturan kontras yang pas akan membuat suasana belajar jadi lebih nyaman. Karena tidak ada hal yang janggal saat menatap layar. Akhirnya penglihatan setidaknya bisa lebih baik.

Memasang Pelindung Anti Radiasi Pada Layar

Ini adalah salah satu langkah dalam menjaga kesehatan mata. Memasang pelindung pada layar merupakan cara yang efektif. Sehingga penglihatan tetap terjaga kualitasnya.

Mengurangi pantulan cahaya yang masuk ke mata. Dengan begitu, kesehatan mata sedikit lebih terlindungi. Pelindung bisa dibeli di toko terdekat atau online.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk beli yang mahal bisa menggunakan mika berwarna kuning. Mika tersebut bisa didapatkan dengan membelinya di tempat fotocopy-an. harganya tidak lebih dari 5 ribu.

Sering Berkedip

Untuk menjaga kesehatan mata secara alami bisa meminta anak untuk berkedip. Pasalnya, jika sudah melihat layar rasio mata berkedip akan berkurang secara drastis. Hal ini karena mata sudah fokus dengan sinar yang memancar.

Berkedip juga akan membuat mata jadi lembab. Sehingga tidak menimbulkan rasa perih. Selain itu kedip juga menyehatkan mata karena bisa terhindar dari benda asing yang ada di udara.

Penuhi Asupan Nutrisi

Agar kesehatan mata tetap terjaga harus didukung dengan suplai nutrisi yang baik. Anak sebaiknya diberi asupan makanan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin E, asam lemak omega-3, dan antioksidan.

Sederet nutrisi tersebut bisa ditemukan dengan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin. Tambahkan ikan tuna sesekali agar anak mendapatkan omega-3.

Dengan menjaga kesehatan mata saat pandemi juga bisa membantu menjaga imunitas tubuh anak. Akhirnya anak akan lebih kebal terhadap serangan virus Corona.

Komentar Kamu
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *