Connect with us

MOTIVASI

Kisah Inspiratif Kolonel Sanders, Pendiri KFC yang Pantang Menyerah

Published

on

Kisah Inspiratif Kolonel Sanders, Pendiri KFC yang Pantang Menyerah

KFC atau Kentucky Fried Chicken dibangun oleh Kolonel Sanders pada tahun 1952 di Utah. Ia bekerja untuk waktu yang lama di berbagai bidang dengan berbagai prestasi pula, sebelum memulai rantai makanan KFC.

Usahanya itu terkonsentrasi pada ayam panggang dan burgernya yang mendominasi. Sanders mulai terbiasa memasak pada usia 7 tahun.

Ia menciptakan apa yang ia sebut dengan “resep unik”, termasuk 11 bumbu dan rasa pada Juli 1940. Formula serupa digunakan untuk jaringan restoran KFC.

Kantor pusat dibangun di Louisville, Kentucky pada tahun 1959. Saat ini KFC telah mendirikan sekitar 18.000 gerai di 120 negara. Pendapatannya di tahun 2011 lebih dari $ 10 miliar.

Kisah Inspiratif Kolonel Sanders, Pendiri KFC yang Pantang Menyerah

yoursauga.com

Perjuangan Kolonel Sanders Hingga Menjadi Pebisnis Sukses

Prestasi KFC adalah kisah inspiratif seorang pria tentang memasak yang telah membuat organisasinya mungkin menjadi perusahaan terbesar di seluruh dunia. Cerita dimulai dengan Harland Sanders, yang dibesarkan di sebuah komunitas di Henryville, Indiana pada tahun 1890.

Ia meninggalkan rumahnya pada usia 12 tahun untuk mengamankan beberapa posisi untuk membantu keluarganya yang miskin. Di mana setelah ayahnya meninggal dan semua tanggung jawab datang kepadanya.

Wajah positif Sanders telah menjadi ikon industri makanan multi-miliar dolar yang terjangkau. Hampir tidak ada tempat di planet ini dimana Father Christmas Doppelganger tidak akan dipertimbangkan untuk ayamnya menggiurkan lidah.

Bagaimanapun, pencapaian itu tidak datang dengan cepat. Sanders lahir dan dibawa ke Henryville. Pada saat itu, ketika ia berusia enam tahun, ayahnya meninggal meninggalkan Sanders untuk menangani kehidupan yang keras ini sendirian.

Hidupnya menjadi sangat sulit untuk dihadapi. Kolonel Sanders menemukan cara memasak ketika ayahnya meninggal. Ia kemudian putus sekolah dan meninggalkan rumah sebelum remaja.

Pada usia 12 tahun, ia meninggalkan sekolah karena kondisi tertentu. Pada usia 13 tahun, ia keluar dari rumah dan pergi ke pembibitan untuk bekerja dan menghasilkan sejumlah uang.

Setelah beberapa hari, pemilik taman itu memindahkannya dari tempat itu. Pada usia 17 tahun, ia bekerja di 4 hingga 5 tempat dan dipindahkan dari setiap lokasi.

Alasannya karena ia dianggap tidak memiliki ide kreatif tentang bagaimana bertindak dan tidak dapat melakukan apa-apa. Pada usia 22 tahun, ia bekerja sebagai kondektur transportasi. Bahkan ia disingkirkan dari tempat itu lagi dan lagi.

Ia menjadi tidak sabar ketika istri dan anak-anaknya mengatakan mereka tidak tahu bagaimana harus bertindak dan meninggalkannya. Kolonel Sanders sangat merindukan anak-anaknya, jadi ia mencoba meyakinkan mereka dan membawa mereka kembali, namun ia tidak bisa.

Sanders melakukan bisnis yang melelahkan. Ia bekerja di berbagai hotel dan pindah dari sana. Tidak hanya itu, kemanapun ia pergi, ia selalu mendapat kritik.

Titik Balik Kehidupan Harland Sanders

Intinya ketika, ia mencapai usia enam puluh lima tahun dan suatu hari ia duduk. Saat itu ia berpikir, apa yang terjadi dalam hidupnya.

Ia berpikir “hidup saya adalah kekalahan beruntun”. Apa yang tersisa? Apalagi? Untuk alasan apa saya pantas untuk bertahan hidup? Apa lagi ruginya? Ia sangat menderita karena keributan itu.

Kolonel Sanders duduk di bawah pohon dan bertanya-tanya apa yang pantas untuk saya lakukan? Saya membom secara normal dalam hidup saya. Saat itu ia memilih untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain sebelumnya.

Ia memilih dan setelah menjadi seorang orang tua, ia mulai mengambil gambaran tentang tujuan utama dengan dibekali semangat yang luar biasa. Kekecewaan mereka beralih ke pendirian mereka.

Saat itu pula ia berjanji untuk melakukan pekerjaan dengan baik, dan berpikir bahwa siapapun bisa melakukan apa saja. Ia tetap fokus dan mulai membicarakan hal tersebut.

Restoran Sander menjadi populer di seluruh dunia. Pada tahun 1950, Gubernur Kentucky menobatkan Sanders sebagai Kolonel yang merupakan gelar kehormatan terbaik dan tertinggi yang diberikan oleh negara bagian, Sander’s mengadopsi setelan putih, dasi Kentucky untuk ikon budaya pop.

Restoran Kentucky

Kolonel Sanders membuat kesepakatan dengan teman restoran bernama Pete Harman pada tahun 1952. Berdasarkan kesepakatan ini, ia menjual hidangan ayamnya dengan imbalan royalti 4 sen dari setiap harga jual.

Ayam goreng Kentucky menjadi item terlaris. Sanders membuat kesepakatan luar biasa ini dengan restoran lokal lainnya. Semuanya terjadi dengan sempurna.

Pada tahun 1964, ia berhasil membangun perusahaan bernilai jutaan dolar. Ia membangun perusahaan dengan lebih dari 600 gerai di Kanada dan Amerika Serikat.

Salah satu fakta menarik yang menginspirasi setiap orang adalah tidak ada satupun salesman yang mempromosikan franchise-nya, artinya ia melakukan semua hal sendirian. Penerima waralaba yang berbeda mulai menghubunginya.

Saat berusia 74 tahun, pengacara muda John Y. Brown, Jr. dari Kentucky dan Jack Massey bertemu dengan Kolonel Sanders bertujuan membeli perusahaan tersebut. Mereka berjanji untuk menjaga kontrol kualitas yang lebih baik dan tidak akan pernah mengubah resep Kolonel.

Ia setuju untuk menjual perusahaannya dengan tawaran $ 2 juta pada tahun 1964. Pemilik baru ayam Kentucky Fried percaya bahwa wajah Sander adalah salah satu aset terbaik untuk “merek KFC”.

Ia dipertahankan sebagai duta merek dan juga memulai banyak kampanye. Untuk posisi duta merek dan juru bicara, ia mendapat gaji seumur hidup sekitar $ 40.000 per tahun.

Sanders, pria inspiratif yang hebat dan contoh baik bagi semua orang saat menghadapi banyak tantangan dalam hidup mereka. Kolonel dipecat dari banyak pekerjaan, jabatannya luas juga ditinggalinya.

Pada usia 65 tahun, banyak orang di dunia menggantungkan sepatu bot mereka. Tetapi Kolonel Sanders adalah orang yang hebat karena ia berangkat dan membangun rantai makanan terbesar di dunia.

Komentar Kamu
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *