Connect with us

WEDDING

Inspirasi Konsep Rustic Wedding Kekinian dengan Budget Terjangkau

Published

on

Inspirasi Konsep Rustic Wedding Kekinian dengan Budget Terjangkau

Pernikahan merupakan hal yang sangat diinginkan bagi setiap orang. Sebuah pernikahan akan lebih bermakna bila mengusung konsep yang selama ini telah diimpi-impikan. Salah satunya dengan mengusung konsep rustic wedding.

Memilih konsep ini untuk acara pernikahan anda bukanlah ide yang buru. Terlebih lagi seiring berjalannya waktu, rustic wedding semakin populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan konsep pernikahan yang santai dan natural, namun tetap memberikan suasana romantis yang menyenangkan.

Inspirasi Konsep Rustic Wedding Kekinian dengan Budget Terjangkau

sortra.com

Inspirasi Konsep Rustic Wedding

Konsep pernikahan dengan tema rustic ini lebih menonjolkan kesan apa adanya, alami, dan natural. Gaya dekorasi pernikahan ini juga sering diadopsi oleh para artis Hollywood. Biasanya dekorasi pernikahan ini didominasi oleh material kayu dan batu.

Gaya rustic identik dengan gaya pedesaan yang menenangkan, namun tidak terkesan tua apalagi kuno. Dalam mengaplikasikan konsep ini, anda dapat mengolahnya dengan sentuhan modern. Atau bahkan  memadukannya dengan desain minimalis dan vintage.

Menggunakan konsep rustic wedding bisa menjadi sebuah tema yang unik dan kekinian. Terlebih lagi dengan menggunakan konsep pernikahan ini cenderung hemat biaya. Karena konsep ini lebih memfokuskan pada sesuatu yang alami dan sederhana, maka hindari dekorasi berlebihan.

Banyak cara untuk mewujudkan pesta pernikahan impian bertema rustic. Berikut ini beberapa detail dan dekorasi yang dapat anda jadikan sebuah inspirasi untuk acara pernikahan anda.

1. Menggunakan Warna-warna Natural

Tema rustic identik dengan warna-warna natural seperti coklat, abu-abu, dan putih. Warna natural ini dapat anda padukan dengan warna-warna pastel lain yang tidak mencolok seperti biru, hijau, dan kuning. Sehingga tidak terlalu terkesan pucat. Dekorasi dengan warna natural ini mampu memberikan kesan hangat dan tenang. Misalnya  memadukan kursi tamu berwarna coklat dengan pita berwarna kontras.

2. Furniture dengan Nuansa Rustic yang Kental

Desain yang apa adanya tanpa proses finishing sangat berhubungan dengan konsep rustic wedding. Maka dari itu, anda bisa memakai furnitur yang terkesan unfinished. Atau bisa juga dengan memilih venue pernikahan dengan lantai batu dan dinding yang belum diselesaikan. Tahu jika anda ingin menyelenggarakan pernikahan di saat musim hujan, anda bisa memilih venue dengan nuansa kayu.

Jangan lupa untuk menambahkan dekorasi dedaunan yang rimbun untuk menghasilkan kesan gangguan dari gaya rustic itu sendiri. Hal ini bisa menambah kesan rustic pada pernikahan anda. Menambahkan dessert bar yang terbuat dari kayu unfinished, piring kayu, papan nama, serta peralatan makan dengan tema yang sama juga bisa menjadi pilihan yang bagus.

3. Hiasan Bunga dan Lampu

Konsep pernikahan dengan gaya rustic tidak akan lengkap tanpa adanya hiasan bunga dan deretan lampu menyala. Bunga yang digunakan untuk tema pernikahan ini tentunya berbeda dengan bunga-bunga yang kerap digunakan pada pernikahan lainnya. Biasanya, konsep ini menggunakan bunga liar seperti wild rose, hortensia, dan bunga-bunga lainnya.

Anda bisa menempatkan beberapa rangkaian bunga dalam vas pada tangga. Sehingga konsep rustic wedding mampu menambah kesan natural dan sederhana, namun tetap terlihat menawan. Selain bunga-bunga liar, anda bisa menambahkan lentera gantung yang diletakkan diatas meja, jendela, dinding, dan pintu masuk sebagai dekorasi. Atau bisa juga dengan menggantungnya pada atas pohon bila anda mengusung pernikahan di taman.

Tambahan deretan bola-bola lampu yang cantik juga dapat anda jadikan inspirasi. Pilihlah bohlam lampu berwarna kuning, yang akan semakin mempercantik dan menambahkan kesan romantis pada pesta pernikahan anda. Dengan memanfaatkan barang bekas dan menyulapnya menjadi dekorasi penerang juga bisa menjadi ide yang brilian.

4. Perpaduan Kayu dan Batu

Dengan konsep bertema pedesaan ini, menggunakan perpaduan material kayu dan batu. Material kayu yang digunakan pun biasanya terlihat usang atau kayu tidak dicat. Warnanya juga tidak harus coklat, anda bisa menggunakan kayu berwarna putih. Menambahkan photo booth bernuansa kayu akan lebih membuat pesta anda semakin menarik. Lengkapi pula dengan kutipan-kutipan romantis serta ornamen bunga yang cantik.

Dengan begitu, mampu menampilkan konsep rustic wedding yang alami, sederhana, dan tidak berlebihan. Mampu juga menimbulkan suasana yang hangat, sehingga para tamu pun akan merasakan atmosfer keakraban yang kental.

5. Material Handmade dan Vintage

Mempercantik dekorasi dengan menggunakan barang-barang bekas dan vintage, anda juga bisa membuat hiasan handmade. Memanfaatkan barang-barang tersebut juga lebih hemat budget. Selain itu, juga bisa menampilkan kesan unik dan artsy. Anda juga bisa mengeluarkan kreatifitas anda dalam membuatnya.

Pertimbangan Biaya Pernikahan

Dalam menggelar sebuah pernikahan, tentunya tidak terlepas dari budget yang akan diperlukan. Misalnya seperti biaya menyewa venue yang merupakan salah satu pengeluaran paling besar. Agar lebih hemat, anda bisa mempertimbangkan untuk melangsungkan acara di rumah atau dengan memilih venue dengan biaya sewa murah.

Untuk lebih menghemat biaya pernikahan dengan konsep rustic wedding, anda bisa membuat sendiri undangannya. Saat ini telah banyak undangan pernikahan yang beredar di internet. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menghemat budget serta waktu. Tema rustic biasanya menggunakan warna natural dan menggunakan kertas bertekstur lembut.

Tidak ada salahnya bila anda menyewa gaun pengantin sebagai alternatif daripada harus membuat baju pernikahan. Terlebih lagi biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Hal ini juga bisa menjadi solusi bila anda memakai baju yang berbeda pada acara akad dan resepsi. Agar lebih hemat, anda bisa mencari tempat penyewaan gaun pengantin sekaligus menyediakan paket rias pengantin.

Mengusung konsep rustic wedding bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin menghemat lebih banyak biaya. Namun masih tetap menginginkan sebuah tema pernikahan yang unik dan kekinian.

Komentar Kamu
Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Pernikahan Sederhana Low Budget di Bawah Rp10 Juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *