Connect with us

TRAVEL

Hindari Kesalahan Saat Traveling Ini, Jadilah Traveler yang Cerdas!

Published

on

Hindari Kesalahan Saat Traveling Ini, Jadilah Traveler yang Cerdas!

Bahkan traveler yang paling berpengalaman pun membuat kesalahan saat bepergian. Jika anda ingin perjalanan besar yang tepat, cobalah untuk menghindari kesalahan saat traveling.

Saat ini, perjalanan bisa penuh dengan keputusan etis dan moral. Kita semua ingin melihat dunia, tetapi kita tidak ingin meninggalkan dampak negatif pada tempat itu.

Atau mungkin kita ingin perjalanan tetap berjalan lancar tanpa hambatan apapun. Untuk itulah kita jangan melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat perjalanan menjadi fatal.

Kecerobohan-kecerobohan yang anda lakukan tentu akan berdampak buruk terhadap liburan anda. Menjadi seorang traveler yang cerdas adalah sebuah keharusan.

Hindari Kesalahan Saat Traveling Ini, Jadilah Traveler yang Cerdas!

zawya.com

Hindari Berbagai Kesalahan Saat Traveling ini

Mungkin ketika anda sedang pergi berlibur, anda tidak menyadari bahwa sudah melakukan kesalahan. Untuk itulah, coba cermati penjelasan berikut ini agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali.

Tidak Memeriksa Persyaratan Paspor

Sebagian besar wisatawan pemula beranggapan bahwa memiliki paspor yang masih berlaku sudah cukup untuk bepergian ke luar negeri. Meskipun itu benar di sebagian besar kasus, ada beberapa pengecualian.

Beberapa negara seperti China dan Rusia, memiliki peraturan yang mewajibkan paspor anda berlaku setidaknya 6 bulan setelah tanggal penerbangan pulang anda. Selain itu, ada lebih dari 20 negara di Eropa yang memiliki aturan yang sama selama 3 bulan.

Jika passport anda masih berlaku tetapi habis masa berlakunya dalam jangka waktu itu, itu mungkin akan mempersulit perjalanan anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari kesalahan saat traveling satu ini.

Memberi Makan Satwa Liar

Berbagi makanan dengan monyet yang sebagian besar jinak di Bali atau rakun di Yellowstone, kemungkinan besar akan menjadi foto Instagram menggemaskan.

Tetapi anda sebaiknya tidak memberi makanan hewan apapun yang ditemui di jalan. Satu hal, memberi makan hewan mendorong mereka untuk terbiasa dengan manusia dan bergantung pada manusia untuk makanan.

Namun hewan tetaplah hewan dan jika mereka bertindak tidak menentu atau kasar, mereka bisa saja mematikan. Faktor penting lainnya untuk dipertimbangkan adalah bahwa makanan yang layak dikonsumsi manusia, belum tentu menjadi pilihan sehat untuk satwa liar.

Selain itu, ada beberapa negara yang menetapkan bahwa memberi makanan satwa liar adalah tindakan ilegal dan denda dapat diberlakukan. Penting sekali untuk mencari informasi secara lengkap mengenai tujuan tempat liburan anda, agar kesalahan saat traveling ini dapat terhindari.

Mengambil Foto Orang Tanpa Izin

Bayangkan saja ketika anda sedang duduk dan tiba-tiba seorang turis mengarahkan lensa sudut kamera ke wajah anda, tentu akan sangat mengganggu, bukan? Hal yang sama berlaku untuk setiap orang yang mungkin anda temui saat bepergian.

Hanya karena seorang wanita yang menjual buah di pasar akan menjadi topik menarik, bukan berarti ia tertarik untuk menjadi model anda. Jadi, apa yang dapat anda lakukan jika ingin mengambil foto seseorang?

Letakkan kamera dan bicaralah dengan mereka, kemudian dengan sopan meminta izin mereka untuk berfoto dan bersikap hormat jika mereka menolaknya. Beberapa budaya menganggap bahwa fotografi adalah hal yang tabu.

Seperti izin diperlukan untuk memotret masjid di Maroko dan banyak negara Asia yang menganggap bahwa tidak sopan memotret bagian bawah kaki seseorang. Untuk menghindari kesalahan saat traveling ini, jangan pernah menganggap semua orang bersedia untuk difoto.

Membuang Sampah Sembarangan

Seharusnya hal ini sudah tidak perlu dikatakan, tetapi kadang ada saja yang melakukannya. Jangan membuang sampah anda sembarangan, meskipun anda melihat turis atau penduduk melakukannya.

Membuang sampah sembarangan sangatlah tidak baik dan akan mencemari lingkungan. Salah satu teknik pencegahan yang baik adalah bepergian dengan botol air isi ulang dan tas jinjing kain, alih-alih menerima kantong plastik dari toko.

Tempat perkemahan, pendakian, taman nasional, seringkali memiliki undang-undang yang ketat tentang membuang sampah. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya dan apabila tidak menemukan tempat sampah lebih baik simpan dahulu.

Meremehkan Biaya Perjalanan

Perlu diingat, kemungkinan besar segala sesuatu akan menjadi mahal daripada yang anda kira. Mulai dari tiket perjalanan dan biaya tambahan lainnya, sehingga perlu untuk menghindari kesalahan saat traveling ini.

Untuk itulah, sangat penting untuk membawa budget yang lebih. Atau mungkin dengan tidak membeli barang yang tidak penting, sehingga akan lebih menghemat pengeluaran anda.

Sangat perlu untuk membuat estimasi biaya perjalanan secara keseluruhan. Jika sudah, usahakan untuk membawa uang lebih besar dari estimasi tersebut.

Jangan pernah meremehkan biaya perjalanan, apalagi jika tempat tujuan tersebut baru anda datangi untuk pertama kalinya. Kemampuan keuangan anda sangat diperlukan dalam hal ini demi mencapai liburan yang lancar dan menyenangkan.

Memilih Travel atau Transportasi yang Salah

Kesalahan saat traveling selanjutnya adalah salah dalam memilih travel atau transportasi. Perjalanan udara adalah salah satu penyumbang emisi karbon dioksida yang tumbuh paling cepat. Hal ini yang menyebabkan bumi memanas dengan cepat dan berbahaya.

Tapi bukan berarti anda dilarang untuk tidak pernah naik pesawat lagi. Tetapi perlu mempertimbangkan berapa banyak penerbangan yang harus ditempuh dalam setahun. Hal itu menjadi sebuah keputusan etis yang harus dibuat.

Perjalanan dengan mobil, kereta api, dan kapal mungkin memakan waktu lebih lama, tetapi memiliki manfaat tambahan seperti pengurangan biaya dan perjalanan menjadi lebih santai. Hal itu bisa disiasati dengan menyewa jasa agen travel, jika anda memiliki budget yang lebih.

Menggunakan agen travel akan akan lebih memudahkan perjalanan anda. Meskipun begitu perlu ketelitian dalam memilihnya.

Pilihlah agen travel yang sudah terpercaya dan memiliki layanan terbaik. Selain itu, pilihlah agen travel yang berpengalaman karena pasti sudah profesional dalam menangani masalah perjalanan.

Itulah beberapa kesalahan saat traveling yang harus dihindari. Menjadi seorang traveler yang cerdas pastinya akan mewujudkan liburan yang terbaik dan lebih menyenangkan.

Komentar Kamu
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *