Connect with us

TIPS

Cara Menjaga Kesehatan Telinga denga Baik dan Benar

Published

on

Cara Menjaga Kesehatan Telinga denga Baik dan Benar

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang memegang peranan penting. Hal ini karena telinga merupakan indera pendengaran yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, penting mengetahui cara menjaga kesehatan telinga.

Telinga yang selalu dirawat dengan baik akan menjaga kesehatan pendengaran. Memiliki telinga yang sehat akan membuat pendengaran berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, rajin menjaga kesehatan pada telinga akan mengurangi risiko penyakit yang diakibatkan dari kotoran pada telinga.

Namun, dalam merawat telinga tidak hanya dengan membersihkannya saja. Tetapi ada banyak cara yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan telinga. Mungkin masih banyak orang yang belum mengerti secara detail dalam perawatan telinga.

Padahal jika mengetahui caranya akan mudah dalam menjaga telinga dari risiko penyakit. Mengetahui perawatan yang tepat tidak akan ada kesalahan saat pembersihan. Biasanya terdapat kesalahan yang bisa merusak gendang telinga.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga denga Baik dan Benar

health.harvard.edu

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Tak hanya sebatas membersihkan saja, perawatan telinga bisa mengikuti tips di bawah ini:

Menggunakan Pelindung Telinga Saat Berada pada Suasana yang Bising

Tidak selamanya seseorang akan berada di tempat yang sunyi. Terkadang mereka harus beradaptasi dengan lingkungan luar yang sangat bising. Kebisingan ini bisa disebabkan karena mesin, klub, dan seluruh aktivitas yang mengeluarkan bunyi. Saat berada di lingkungan yang seperti ini, sebaiknya menggunakan pelindung telinga.

Penggunaan pelindung ini dipercaya bisa mengurangi tingkat paparan kebisingan yang menyebabkan terganggunya telinga. Pelindung yang dimaksud bukan earphone, melainkan pelindung khusus yang dirancang untuk menjaga telinga. Alangkah baiknya tidak melakukan modifikasi pada pelindung telinga. Hal ini bertujuan agar pelindung telinga bisa berfungsi secara efektif.

Dengan begitu, akan mendukung kenyamanan telinga saat menggunakan pelindung. Pastikan pelindung yang digunakan sudah memenuhi standar kesehatan. Perlu melakukan pemeriksaan dan mengenali dengan cermat produk pelindung telinga yang digunakan.

Menghindari Volume Keras

Cara menjaga kesehatan telinga berikutnya adalah dengan menghindari volume suara yang sangat keras. Terlebih bagi orang yang sering mendengarkan musik menggunakan earphone, sebaiknya menggunakan volume dengan suara yang sedang. Hal ini karena suara akan langsung menuju ke gendang telinga. Apabila suara yang diterima terlalu keras bisa mempengaruhi pendengaran.

Agar bisa melindungi telinga gunakan aturan 60/60. Maksudnya mendengarkan earphone dengan volume tidak lebih dari 60% dan tidak lebih dari 60 menit. Tidak jarang gangguan telinga disebabkan oleh adanya kebisingan.

Mengistirahatkan Telinga untuk Pemulihan

Cara ini bisa diterapkan setelah telinga mendengar suara yang sangat bising. Mengistirahatkan telinga bisa mempercepat pemulihan telinga agar bisa bekerja secara normal. Pemulihan ini rata-rata membutuhkan waktu selama 16 jam.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengecilkan volume saat mendengar sesuatu. Bisa juga dengan tidak mendengarkan apa-apa kecuali memang sedang berkomunikasi dengan orang lain. Biasanya para wanita akan lebih sering melakukan meditasi agar mendapatkan suasana yang tenang.

Hindari Penggunaan Cotton Buds

Telinga yang mengeluarkan cairan ini sangat wajar. Sebab bisa melindungi telinga dari masuknya debu dan sesuatu yang berbahaya pada telinga. Cara menjaga kesehatan telinga pada kasus ini, sebaiknya tidak memasukkan cotton buds.

Menggunakan cotton buds bisa merusak organ sensitif yang ada pada telinga. Organ tersebut misalnya gendang telinga. Sebab menggunakan cotton buds bisa menyebabkan infeksi pada telinga. Cukup menggunakan handuk basah untuk membersihkan daun telinga. Sebab telinga punya caranya sendiri dalam pembersihan dari cairan sisa.

Menjaga Telinga Agar Tetap dalam Keadaan Kering

Setelah seseorang mandi, berenang, atau segala aktivitas yang membuat telinga basah, sebaiknya segera mengeringkannya menggunakan handuk yang lembut. Hal ini untuk menghindari kelembaban pada telinga. Sebab kelembaban yang berlebih bisa memungkinkan masuknya bakteri.

Nantinya bakteri tersebut bisa menyerang saluran telinga. Sehingga menyebabkan telinga menjadi infeksi. Saat melakukan aktivitas air, sebaiknya menggunakan pelindung telinga yang aman dan nyaman. Bertujuan agar telinga tidak kemasukan air.

Rutin Berolahraga Jaga Kualitas Pendengaran

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, melakukan olahraga secara rutin juga merupakan cara menjaga kesehatan telinga. Melakukan latihan kardio seperti berjalan, berlari, dan bersepeda akan membuat darah memompa ke seluruh bagian tubuh tak terkecuali telinga.

Hal ini akan mendukung kesehatan internal pada telinga. Nantinya telinga akan mampu bekerja semaksimal mungkin. Ketika berolahraga dengan menggunakan iringan musik sebaiknya juga menggunakan pelindung telinga. Hal ini agar tetap menjaga pendengaran pada telinga. Saat berolahraga hindari mengangkat beban berat yang mengharuskan untuk menahan nafas. Sebab hal ini akan merusak telinga bagian dalam.

Biasanya telinga akan mengalami kebudegan ringan. Namun, jika didiamkan akan berdampak buruk pada kesehatan telinga. Terlebih jika hal itu dilakukan terus menerus bisa menyebabkan suatu hal yang fatal.

Melakukan Pemeriksaan Telinga Rutin

Telinga tidak cukup dirawat secara mandiri. Namun, juga memerlukan bantuan seorang dokter spesialis yang bisa melakukan pemeriksaan secara rutin. Dokter akan lebih paham mengenai hal apa yang seharusnya dilakukan. Biasanya dokter juga akan membantu menguji gangguan pendengaran dan memberikan rekomendasi tahapan apa yang seharusnya dilakukan. Cara menjaga kesehatan telinga yang satu ini memang tidak semua orang bisa melakukannya.

Namun, tak jadi masalah bagi mereka asalkan masih mampu merawat secara mandiri dan tidak menyalahi aturan. Selalu menghindari larangan yang tidak boleh dilakukan.

Hal ini penting dilakukan karena mendapatkan penanganan dari ahlinya. Tak hanya itu dokter akan melakukan pengecekan dengan alat khusus. Dengan begitu, akan lebih mudah mengenali kerusakan dan detail pada telinga.

Itulah cara menjaga kesehatan telinga yang bisa dilakukan. Akan lebih efektif lagi jika bisa melakukan ketujuh cara di atas, maka telinga akan tetap terjaga kesehatannya.

Komentar Kamu
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *