Connect with us

MOTIVASI

Bisnis Kuliner di Era Digital Tingkatkan Omset Pendapatan

Published

on

Bisnis Kuliner di Era Digital Tingkatkan Omset Pendapatan

Bisnis kuliner di era digital memang sangat menjanjikan. Bahkan keuntungan yang didapat tidak main-main. Apalagi jika bisnis ini dijalankan oleh anak muda. Pasalnya, mereka lebih paham mekanisme dalam menjual melalui media online.

Mereka juga mampu melihat peluang yang pas bagi bisnis kuliner yang akan dijalankan. Pasalnya, banyak teman-teman mereka yang juga terjun dalam dunia bisnis melalui media online. Didukung dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang juga banyak menghabiskan waktu dengan internet.

Merintis bisnis kuliner tidak harus pandai memasak. Dalam hal ini pandai memasak adalah bonus bagi pemilik bisnis. Anda bisa merekrut dan melakukan kerja sama dengan orang yang ahli masak. Misalnya dengan bagi hasil antara kedua belah pihak.

Membangun bisnis kuliner tidak hanya diukur dengan seberapa enak atau banyak makanan yang disajikan. Banyak beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis. Berbagai ide bisa dijalankan untuk membangun bisnis kuliner.

Bisnis Kuliner di Era Digital Tingkatkan Omset Pendapatan

marketeers.com

Bisnis Kuliner di Era Digital

Tren belanja online kini tak hanya seputar fashion, make up, dan barang-barang lainnya. Kebutuhan pangan juga bisa anda dapatkan melalui toko online. Bisnis kuliner bisa menggandeng GoFood yang mulai berkembang pesat.

Berbagai kuliner kini sudah banyak ditawarkan melalui online shop. Mulai dari camilan hingga makanan pokok. Dengan begitu, usaha kuliner tidak akan menutup kemungkinan bagi seseorang untuk bisa sukses. Berikut adalah ide yang bisa anda terapkan ketika membangun bisnis kuliner:

Menggunakan Sistem POS

Kini banyak pihak yang menerapkan POS system. POS merupakan singkatan dari Point of Sale yaitu sistem kasir digital yang mempermudah transaksi oleh pelanggan. Dalam hal ini, pelanggan bisa terhubung dengan seluruh e-wallet yang ada di Indonesia.

Dengan begitu, sistem ini akan membantu anda dalam menganalisa laporan laba dan rugi. Bahkan juga bisa membantu anda melihat stok barang dan kebutuhan lainnya.

Delivery Food Servis

Menjalankan bisnis kuliner di era digital harus memiliki berbagai strategi yang bisa meningkatkan kualitas bisnis. Salah satunya adalah menyediakan layanan pengantar makanan secara online. Dalam hal ini, anda bisa melakukan kerjasama dengan pihak ketiga yang bekerja dalam bidangnya.

Melakukan Promosi Via Instagram

Media sosial adalah rumah kedua bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Hampir sebagian waktu dihabiskan hanya untuk bermain sosial media. Anda bisa melakukan promosi di salah media sosial yang paling digandrungi anak muda yaitu Instagram.

Media sosial ini sudah banyak digunakan sebagai media promosi dalam menjalani bisnis kuliner. Siapa yang tidak kenal dengan Instagram? Tentu tidak sedikit yang sudah menggunakan dan mengenalnya. Media sosial ini juga tidak membutuhkan modal untuk menggunakannya. Cukup membangun akun Instagram agar menarik yang nantinya akan banyak followers yang mampir ke akun anda.

Kreativitas

Berkecimpung dalam dunia bisnis mengharuskan anda memiliki kreativitas yang tinggi. Dalam hal ini, tak hanya dari segi pemasaran saja. Namun, anda dituntut memiliki banyak inovasi agar bisnis memiliki ciri khas daripada yang lain.

Anda harus bisa memilah dan memilih menu apa yang pas dan sesuai dengan peluang yang ada. Bisnis kuliner di era digital ini bisa disesuaikan dengan apa yang sedang diminati masyarakat setempat. Anda juga bisa menerapkan konsep restoran yang aneh tapi sopan dan nyaman.

Manajemen Keuangan dan Waktu

Membangun bisnis tentu membutuhkan sebuah modal. Disini modal tidak hanya berupa materi saja. Namun, anda juga dituntut memiliki modal pengelolaan keuangan dan waktu. Jika waktu terkelola dengan baik, maka perihal keuangan bisa berjalan dengan lancar.

Ada baiknya anda menghindari terjun ke dunia bisnis tanpa persiapan keuangan yang baik. Atur keuangan agar tidak habis di awal bisnis. Nantinya ada cadangan ketika ada kebutuhan yang mendesak di belakang.

Kisah Inspiratif Usaha Bisnis Kuliner Online

Berikut ada beberapa kisah inspiratif yang mungkin bisa menggugah semangat anda untuk terjun ke dunia bisnis kuliner:

Eatlah

Merupakan usaha kuliner salted egg chicken dengan kemasan siap makan. Pemilik dari bisnis ini adalah Channa Prinandita. Ia memulai usahanya dari GoFood. Usahanya ini dulunya terkendala tempat. Berkat kegigihannya Channa mampu membuat bisnisnya ramai pelanggan. Bahkan kini sudah memiliki 11 outlet yang laris.

Ayam Penyet Jeletot Bonsar

Pemilik bisnis ini adalah beliau Bapak Ahmad Fikri mantan driver GoFood. Bapak yang awam mengenai bisnis kuliner di era digital ini mulai menekuni usahanya dari nol.

Perlahan usaha yang beliau rintis akhirnya mampu memberikan omset tiga kali lipat drai modal awal yang digunakan. Bahkan bapak Ahmad Fikri sekarang menjadi salah satu pebisnis sukses saat ini.

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Bisnis pisang goreng bu Nanik Soelistiowati mulai menjajakan berbagai gorengan yaitu ada sukun goreng madu, nanas goreng madu ubi goreng madu, dan nangka goreng madu. Pada awalnya, bisnis ini hanya memiliki dua permintaan saja. Seiring dengan kemajuan yang ada permintaan bisa mencapai ribuan pesanan tiap harinya.

Burgreens

Pemilik usaha ini usianya masih sangat muda yaitu sekitar 26 tahun. Dimana Helga sukses membangun bisnis kulinernya secara online. Makanan yang disediakan adalah burger sehat. Online shop makanan ini mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Tak menyangka bahwa bisnisnya mampu berjalan dengan baik dan meraih keuntungan yang sangat banyak.

Membangun bisnis kuliner di era digital memanglah salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Tak perlu bingung dimana akan menawarkan makanan. Cukup dengan mengunggahnya di media online sudah bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah.

Komentar Kamu
Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Orang Sukses di Masa Tua, Buktikan Usia Bukan Patokan Memulai Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *